TKB90: 95.2%

5 Ciri Pinjaman Online yang Kredibel dan Terpercaya

December 23rd, 2020

Gimana sih biar kita tau apakah suatu layanan pinjaman online itu terpercaya atau tidak?

Di artikel ini akan kita bahas lima aspek yang mesti selalu diliat sebelum hendak mengajukan pinjaman online. Kelima aspek ini akan menjawab pertanyaaan apakah pinjaman online yang ditawarkan itu terpercaya atau bodong.

5 Ciri Pinjaman Online yang Kredibel dan Terpercaya

1. Terdaftar di OJK

Karena uang adalah hal sensitif, maka regulasinya harus diatur ketat oleh lembaga yang berwenang, termasuk urusan pinjam-meminjam.

Saat ini akibat pesatnya internet, aktivitas pinjam-meminjam uang yang dilakukan secara online marak. Dan ini menimbulkan celah bagi lahirnya pinjaman online yang abal-abal.

Untuk melihat apakah suatu layanan pinjaman online terpercaya, kamu bisa mengecek keabsahannya melalui OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Lembaga keuangan resmi iniĀ  mengatur bagaimana layanan pinjaman online itu seharusnya bertindak, supaya mereka tidak keluar jalur dan malah menyengsarakan masyarakat. Kamu bisa lihat disini untuk listnya.

2. Punya Website (https) dan Email Resmi

Indikator kedua untuk mengetahui kredibilitas pinjaman online, adalah dengan mengecek apakah perusahaannya punya situs website resmi atau tidak.

Jika suatu layanan pinjaman online tidak ada website, atau punya tapi pakai protokol keamanan “http” (dimana standar OJK adalah https), maka pinjaman online ini patut dicurigai

Kedua adalah email. Pinjaman online yang terpercaya selalu menggunakan email dengan nama domain perusahaannya, bukan “gmail” maupun “yahoo”.

3. FAQ dan Skema Jelas

Sering banget pinjaman online itu ditawarkan via SMS atau WA. Nah ini yang harus kamu antisipasi karena jika ditawarkan lewat medium ini, besar kemungkinan bodong.

Seperti yang telah dibahas di poin kedua tadi, pinjaman online yang benar-benar terpercaya hanya menawarkan layanannya lewat situs resmi. Di situs ini juga seliruh informasi tentang skema, proses, syarat dan ketentuan, bunga, tercantum dan transparan.

Mereka juga mencantumkan nomor khusus untuk keperluan Customer Service yang bisa dihubungi setiap saat.

4. Testimoni

Pendapat orang lain yang telah memanfaatkan suatu layanan pinjaman online bisa dijadikan acuan apakah pinjaman online ini terpercaya atau tidak.

Banyak studi membuktikan, impresi orang lain terhadap suatu produk memberikan pengaruh besar secara psikologis kepada sesama konsumen.

Konsumen akan lebih yakin sama suatu produk dan keputusan untuk beli akan semakin besar setelah mendengar kesan positif temannya setelah menggunakan produk ybs.

Pinjaman online yang terpercaya tidak pernah takut untuk menampilkan testimonial dari para nasabah nya.

5. Bunga masuk akal

Aspek terakhir untuk menilai apakah kredibilittas pinjaman online atau tidak yaitu dengan melihat bunganya.

Pinjaman online bodong biasanya nekat membebankan bunga yang kelewat tinggi kepada nasabah nya. Mereka tak peduli walau para nasabah nya merana akibat beban bunga yang tak wajar tersebut. Bagi mereka profit nomor satu.

Lain hal dengan pinjaman online yang terpercaya. Mereka berangkat dari filosofi “meringankan beban finansial” nasabah, sehingga bunga yang ditetapkan masuk akal.

Tapi ada gak sih yang bunga nya 0% ?

EmpatKali. Tapi kamu perlu tau dulu nih kalau EmpatKali ini bukan pinjaman online dalam arti meminjamkan uang begitu saja.

EmpatKali adalah layanan cicilan online tanpa kartu kredit yang mana pengguna nya tidak dikenakan bunga sama sekali!

Kamu bisa beli produk di ratusan partner merchant kami, dan bayar empat kali, 25% dulu di awal, 75% sisanya dengan skema cicilan per dua minggu atau per bulan.

Penasaran mau cobain EmpatKali? Download aplikasinya sekarang di Google Play atau App Store.